Sabtu, 12 Januari 2013

WhatsApp Palsu Berkeliaran di Facebook

WhatsApp Palsu Berkeliaran di Facebook


Jakarta - WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang tersedia untuk berbagai smartphone. Namun saking populernya, nama aplikasi ini dicatut oleh orang usil untuk mencari mangsa di Facebook.

Di Facebook, 'WhatsApp KW'ini bukanlah aplikasi untuk berbincang dengan teman. Meski memiliki ikon dan nama yang sama, aplikasi ini justru digambarkan sebagai permainan.

Menurut Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom, malware ini sempat wara-wiri di Facebook selama beberapa jam sebelum akhirnya dibinasakan. Pun begitu, aplikasi ini sudah memakan korban yang cukup banyak.

"Aplikasi ini hanya berumur kurang dari 12 jam. Menurut pengamatan Vaksincom, korban terbanyak terjadi di Thailand dan Indonesia. Namun administrator Facebook bergerak cepat menghapuskan posting-posting yang dilakukan oleh aplikasi jahat ini," jelas Alfons, kepada TheNigh, Selasa (31/7/2012).



Aplikasi ini memang tidak akan menimbulkan kerusakan atau kerugian finansial, melainkan hanya sebatas mengumpulkan data warga Facebook untuk keuntungan pribadi para pembuatnya.

Saat ditelusiri aplikasi ini memiliki server di milindgupta.com, yang pada saat ini sudah diblokir. Jika WhatsApp palsu ini berhasil aktif dan Friend Request dikirimkan, maka ia akan menampilkan pesan untuk mengisi survei dengan alasan untuk memastikan bahwa pengguna aplikasi ini adalah manusia dan bukan program (spambot). Inilah modal sang pembuat untuk menghasilkan rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar