Minggu, 13 Januari 2013

Waspada Tagging Foto Palsu dari 'Faceboook'


Waspada Tagging Foto Palsu dari 'Faceboook'



(Ist)
Amerika Serikat - Banyaknya jumlah pengguna Facebook menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan cyber, termasuk penyebar malware. Firma keamanan internet sudah kerap kali memperingatkan bahaya malware yang memanfaatkan Facebook.

Waspadai email yang mengatasnamakan Facebook, terutama yang sedang ramai beredar saat ini, email notifikasi yang menyebutkan teman Facebook men-tag Anda dalam sebuah foto. Jika tidak hati-hati dan main klik saja, Anda bisa menjadi korban serangan malware.

Penyebar malware sangat tahu, kebanyakan pengguna Facebook sangat menyukai foto tagging dan tentunya akan penasaran jika ada notifikasi bahwa mereka ada dalam tagging foto.

Dikutip dari Naked Security, Rabu (18/7/2012), firma keamanan Sophos melalui SophosLab menemukan semacam 'kampanye' email malware yang dirancang untuk menginfeksi konputer dengan malware.

Adapun email notifikasi tag foto Facebook palsu tersebut tampak seperti pada gambar di bawah ini.



Sekilas, notifikasi tersebut memang seperti asli dikirim Facebook. Namun jika diperhatikan lebih cermat, ada keanehan pada email notifikasi tersebut, antara lain kesalahan penulisan si pengirim (from) yang seharusnya Facebook menjadi 'Faceboook'.

Jika mengklik link ini, Anda tidak akan digiring ke halaman Facebook melainkan ke website berisi script iFrame jahat. Malware ini mengambil keuntungan dari Blackhole exploit kit dan membuat komputer Anda berisiko terinfeksi malware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar