Minggu, 13 Januari 2013

Botnet Android Dipakai untuk Kirim Spam

Botnet Android Dipakai untuk Kirim Spam



Android (Ist.)
Jakarta - Seorang teknisi Microsoft menemukan bahwa piranti-piranti Android telah dimanfaatkan untuk mengirim spam atau pesan sampah. Pengidentifikasian botnet internasional yang terkait sistem operasi besutan Google itu dipaparkan oleh teknisi bernama Terry Zink dalam blog MSDN-nya
Malware di Android memang tengah melonjak. Banyak sekali aplikasi Android abal-abal yang dimanfaatkan untuk meraup uang dengan cara mengirimkan pesan SMS.

Namun dalam kasus ini, uang dikumpulkan setelah email spam dikirim dari server Yahoo! Mail di piranti Android. Dalam tulisannya, Terry Zink mendeskripsikan bagaimana dia menganalisa contoh spam yang di dalamnya terdapat signature "Sent from Yahoo! Mail on Android".

Zinck memaparkan hacker telah mengembangkan botnet yang bisa mengakses akun Yahoo! Mail di Android dan mengirimkan spam sebagai hasilnya.


SlashGear
menuliskan, bahwa pihak Yahoo! telah menyediakan alamat IP dari mana email berasal, di mana negara kita masuk dalam daftar tersebut. Selain Indonesia, negara lainnya antara lain Chili, Lebanon, Oman, Filipina, Rusia, Saudi Arabia, Thailand, Ukraina dan Venezuela.

Teknisi Microsoft juga meyakini bahwa user cenderung mencoba mendownload aplikasi abal-abal ini untuk menghindari pembayaran. Ada kemungkinan, pengguna dikecoh mengunduh versi palsu aplikasi Yahoo! Mail yang berujung pada kejadian di atas.

Oleh karena itu disarankan agar pengguna hanya menginstal aplikasi dari Google Play, setidaknya hingga pengguna benar-benar yakin software yang akan diinstal memang terpercaya, demikian seperti dikutip TheNigh dari ZDnet, Kamis (5/7/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar